cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
ISSN : 23377895     EISSN : 24610550     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational politics
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): April" : 11 Documents clear
Policy process in the context of education: a content analysis Nasib Tua Lumban Gaol
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.44281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebuah siklus baru dalam proses pembuatan kebijakan pendidikan yang mana dapat digunanakan untuk menyelesaikan permasalahan publik di bidang pendidikan. Metode penelitian kualitatif digunakan, melalui analisis konten, untuk membuat siklus kebijakan pendidikan yang dibutuhkan. Hasil studi ini mengidentifikasi enam tahapan di dalam siklus kebijakan pendidikan, yaitu penentuan agenda, fomulasi, legitimasi, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Siklus kebijakan pendidikan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pengetahuan para pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, peneliti, dan pengimplementasi kebijakan tentang proses kebijakan pendidikan. Selain itu, siklus tersebut dapat digunakan sebagai panduan dan tuntunan untuk mengelola sektor pendidikan, terkhusus pembuatan berbagai kebijakan di level makro (pusat/kementerian), messo (provinsi/kabupaten/kota), dan lokal (institusi pendidikan). Selanjutnya, hal tersebut juga dapat membantu para praktisi pendidikan berpikir secara sistematis dan tepat dalam membuat dan mengimplementasikan kebijakan pendidikan. Penelitian selanjutnya sangat direkomendasikan menginvestigasi efektifitas dari siklus kebijakan pendidikan pada level mikro, meso, dan makro tersebut.
Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah: literatur review Ade Andriyan; Nono Hery Yoenanto
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.45011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengulas tentang konsep pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS), apa saja kendala atau tantangan yang menghambat pelaksanaannya, serta strategi apa saja yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan menerapkan MBS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (literature review) yang datanya diperoleh dengan meninjau beberapa situs database yakni Google Scholar, Research Gate, Science Direct, dan ERIC. Hasil penelitian menunjukkan MBS merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam upaya mereformasi sistem pendidikan guna mewujudkan pelaksanaan pendidikan yang efektif melalui penyelenggaraan pendidikan yang mandiri. Tantangan atau kendala yang menghambat pelaksanaan MBS umumnya berkaitan dengan manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen peserta didik, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen pembiayaan, manajemen hubungan masyarakat, hingga manajemen budaya dan lingkungan sekolah. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penerapan MBS di antaranya melalui pengembangan instrumen evaluasi MBS, meningkatkan peran serta pemerintah kabupaten/kota, memberdayakan komite sekolah, dan memaksimalkan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan.
Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) Milandah Maulina; Nono Hery Yoenanto
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.48008

Abstract

Keberadaan SMK untuk membekali peserta didik ketrampilan khusus agar dapat diaplikasikan di dunia kerja cenderung kontradiktif karena melihat realita dunia kerja belum menampung banyak lulusan SMK. Link and match sebagai bentuk program yang mengantarkan keterkaitan (link) atau kompetensi lulusan pendidikan sepatutnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pembangunan berupa kesesuaian (match) atau hasilnya cocok dengan kebutuhan DUDI dalam segi kuantitas, kualitas, ragam, kualifikasi dan waktu. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengoptimalkan penerapan link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).  Artikel dibuat berdasarkan tinjauan literatur melalui Portal Garuda selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis pada 9 literatur mengungkapkan bahwa adanya program link and match sangat membantu dalam menjalin kerjasama SMK dengan DUDI dengan ragam pendekatan seperti competency based training (CBT) dan strategi seperti program MoU dunia usaha dan dunia industri (DUDI), penyelarasan kurikulum, praktek kerja industri (PRAKERIN), dan uji kompetensi keahlian (UKK) sehingga link and match akan efektif dan menguntungkan kedua belah pihak.
Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin Gloria Luturkey; Pujianto Yugopuspito
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.48066

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring, sehingga dapat menimbulkan berbagai kendala yang mempengaruhi kinerja guru. Tiga faktor yang paling berpengaruh pada kinerja guru pada masa pandemi yaitu motivasi kerja, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin. Tujuan penelitian ini untuk memetakan hubungan ketiga faktor tersebut terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk melukiskan dan menguji model hubungan antar variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang didistribusikan kepada 174 guru pada 12 Sekolah Dasar di Tangerang. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas momen produk Pearson, uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha, uji normalitas data, uji regresi Teknik ANOVA untuk mengetahui pengaruh antar variabel, dan uji R-square untuk mengetahui pengaruh variabel independen dan dependen. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin berpengaruh positif terhadap motivasi guru, dan lingkungan kerja, motivasi guru, dan komunikasi pemimpin berpengaruh positif terhadap kinerja guru.
Process management and approaches in distance learning based on blended learning during the covid-19 pandemic Syamsudin Syamsudin; Suharyanto H Soro; Hisam Ahyani; Naeli Mutmainah
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.45151

Abstract

Today, especially during the covid-19 pandemic, as it is today, all activities of educational institutions or madrasas/schools must carry out the online learning process. One of the learning innovations that can be carried out by madrasas/schools is by implementing blended learning-based distance learning. This study aims to determine how management, learning planning, and evaluation of learning based on blended learning are carried out at MA Al Azhar, Banjar, Indonesia. The number of respondents in this study consisted of 15 teachers spread across various fields of study. The study used qualitative data analysis techniques with descriptive methods. As a result, research shows that at the planning stage, schools had previously formulated a special curriculum that was adapted to the blended learning model carried out during the covid-19 pandemic, this was also supported by very adequate learning facilities and infrastructure. At the implementation stage, there are differences in the use of the learning approach with real events in the field, namely the time shift in utilizing learning. MA Al Azhar applies a 50% system: 50% in the use of learning, a week of face-to-face learning and the following week is an online system. At the evaluation stage, MA Al Azhar carried out face-to-face and online-based evaluations such as the use of evaluations through recapitulation results on google classroom and excel on google classroom.
Peran lingkungan berbahasa dalam membentuk personal branding guru bahasa arab Qurrotul A'yuni; Firsa Afra Yuslizar; Adella Ira Wanti; Danial Hilmi; Gesbi Rizqan Rahman Arief
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.47640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran lingkungan berbahasa di LPBA Nurul Jadid dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab dan mendeskripsikan pola personal branding guru di lembaga tersebut. Dengan menjadikan guru-guru bahasa Arab di LPBA Nurul Jadid sebagai partisipan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi lapangan. Data yang terkumpulkan dari observasi dan wawancara dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, restatement, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan berbahasa tidak hanya berperan dalam keterampilan berbahasa namun juga membentuk personal branding guru bahasa Arab; 2) kegiatan bahasa dan siswa merupakan unsur terpenting dalam lingkungan berbahasa yang membantu terbentuknya personal branding guru bahasa Arab; 3) dan pola guru mem-branding dirinya dengan cara memahami peran, menjalankan tanggung jawab, mengembangkan keterampilan, serta mengevaluasi diri.
DEVELOPMENT OF MALAYSIAN STUDENT SELF - LEADERSHIP MODEL: A DESIGN AND DEVELOPMENT RESEARCH Mustafa Edria Nita; A. Ghani Muhammad Faizal
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.41305

Abstract

The modified Delphi Technique (MDT) is one of the phases in Design and Development Research (DDR). It is a systematic method of tool development and validation. Realizing the potential of this technique, this article aims to expose other researchers to using  MDT. The MDT is applied in phase 2 which is the development and design process of a model. Agreement of 17 experts about the domains was obtained from the process of round 1 (interview), round 2 (questionnaire) and round 3 (fuzzy Delphi Method). The credibility of the research can also be determined using the Cohen Cappa coefficient. To summarize, the application of the MDT to research requires expert consensus through a clear procedure to ensure valid and reliable research findings. The domains and sub-domains acquired are not only focused on knowledge but also include behaviors and values.  The results from this research seek to obtain  to obtain expert consensus regarding the domains and sub-domains needed in student self-leadership. The research findings are in the form of discussion regarding the process balance and the study design using the MDT. This MDT balance can be seen through and suitable for qualitative and quantitative studies. 
Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan Yustinus Sanda; Warman Warman; Agustina Pitriyani; Yesepa Yesepa
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.47855

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus fenomenologi dan pendekatan yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta serta mengeksplorasi upaya peningkatan mutu Perguruan Tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan diawali dengan membuat perencanaan rekrutmen SDM berdasarkan assessment kebutuhan dan menentukan prioritas rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan, proses rekrutmen, sistem kontrak kerja, pembinaan dan pengembangan, dan penilaian kinerja. Sedangkan upaya peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dilakukan dengan memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan studi lanjut pada perguruan tinggi nasional dan internasional, memberikan pelatihan dan pengembangan diri sesuai dengan profesi pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat lokal dan nasional, serta memfasilitasi pendidik (dosen) melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).
Manajemen pembiayaan pendidikan berbasis bebas sumbangan pembinaan pendidikan Ahmad Mushthofa; Erni Munastiwi; Aqimi Dinana
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.46994

Abstract

Pendidikan berkualitas merupakan harapan bagi seluruh elemen pendidikan. Harapan tersebut merupakan investasi mahal yang harus didukung dengan pembiayaan yang menunjang. Tujuan penelitian mengkaji manajemen pembiayaan pendidikan berbasis bebas sumbangan pembinaan pendidikan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan progam manajemen pembiayaan pendidikan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan Ethologi Kemanusiaan. Subjek penelitian berjumlah 3 orang, kepala sekolah, pengawas manajerial, guru dan tenaga administrasi pendidikan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dengan menggunakan teknik triangulasi sumber yang dilaksanakan dengan cara membandingkan informasi berbagai sumber dalam penilitian.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan pendidikan berbasis bebas sumbangan pembinaan pendidikan di SMK Cendekia Madiun dilakukan dengan cara mengelola manajemen pembiayaan, berdasarkan 3 langkah metode konseptual manajemen pembiayaan pendidikan. Tahapan pertama yakni perencanaan dengan melakukan penyusunan RKaS. Tahapan kedua yakni pengaplikasian dengan pengelolaan penerimaan dana dari BOS, BPOPP, serta UNIPMA, dan pengelolaan hasil unit usaha sebagai sumber dana pendidikan lain. Tahapan ketiga yakni pengawasan dengan membentuk tim SPI (Sistem Pengendalian Itern), melakukan pelaporan berupa LPJ (Laporan Pertanggungn Jawaban), serta melakukan pengecekan 3 bulan sekali.
Kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala sekolah dalam upaya menerapkan manajemen modern di sekolah Herlina Permata Sari; Azhar Azhar; Widia Murni Wijaya
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 10, No 1 (2022): April
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v10i1.64838

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin di SMA Negeri 1 Tambang, Kabupaten Kampar, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan kepala sekolah sebagai subjek penelitian dan implementasi tugas sebagai fokusnya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan partisipatif dimana aspirasi dan peran guru selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan di sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, dimana semua anggota termasuk tukang sapu pun memiliki peran dan fungsi yang dihargai. Selanjutnya, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kepala sekolah menerapkan manajemen modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam era globalisasi saat ini. Hal ini membantu meningkatkan efektivitas kepemimpinan dalam mencapai tujuan, seperti penggunaan fasilitas CCTV. Bukti ini dapat dilihat dari penggunaan dan pengontrolan CCTV yang dilakukan oleh kepala sekolah, dimana setiap ruangan telah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11